Saturday 22 August 2015

1

Gojek vs GrabBike: Dapatkah GrabBike Menyaingi Gojek?

Kemarin siang jam 12 gw ada janji di daerah Kuningan, tapi pagi tetep masuk kerja sampe jam 10. Berhubung gw belom bisa bawa kendaraan sendiri dan tempat kerja di Setu, gw bingung cara yg paling efisien untuk ke Kuningan. Gw gak bisa telat untuk janji ini, jd gw harus musti wajib sampe di sana paling enggak 11.30. 

Dua hari sebelumnya, gw kepikiran pengen nyoba layanan taxi online Uber atau GrabTaxi. Yang gw bingung keduanya ga ngasih tau kira2 durasi perjalanan berapa lama. Ok, Jakarta itu macet dan mereka pasti susah memperkirakan seberapa macet perjalanan nanti. Namun, alangkah baiknya kalo mereka bisa tulis durasi minimal dan perkiraan tingkat kemacetan, yang sebenernya disediakan oleh beberapa layanan peta seperti Google Maps atau Waze. Dari pengalaman gw pake Uber di UK juga mereka ngasih perkiraan durasi perjalanan. Kenapa mereka di sini gak bisa?

Terus gw juga keinget, kenapa gak naik Gojek aja? Coba ngecek Gojek keinget ada kode referral dari temen buat dapet Rp 50,000 credit gratis. Wah lumayan lah, bisa dapet transport gratis. Setelah tanya temen juga ternyata dari Setu ke Kuningan naik Gojek cuma 50 menit, dan supirnya pasti tau rute jalannya berhubung mereka gak bisa lewat tol.

Membandingkan harga taxi yg kisaran 50-80rb (belum lagi biaya toll) dibandingkan 15rb (yang sebenernya gratis karena ada referral), ditambah kemungkinan macet yg gak bisa dihindarin kalo naik mobil dibandingkan motor yg bisa nyelip-nyelip, akhirnya gw memutuskan untuk naik Gojek. 

Itu merupakan pertama kalinya gw naik Gojek. Maklum, baru dua bulanan balik di Indonesia. Gw buka app Gojek yang sebenernya udah lama gw download dan meriksa credit 50rb masih utuh. Gw masukin alamat asal dan tujuan gw. Kebetulan ada beberapa Gojek keliatannya yg posisinya gak jauh dari sana, jadi mudah2an gak lama nunggunya. Setelah masukin alamat, akan ditunjukkan rute yg akan diambil, beserta jarak dan perkiraan harga. Setelah confirm order, akan muncul screen loading mencari supir Gojek dan kita bisa langsung menutup app Gojek kalau mau. Nanti kita akan dapet notif kalo supirnya udah ada yang confirmed. Kita juga masih bisa cancel order kita seandainya berubah pikiran. Nah setelah supirnya ditemukan, kita akan dikasih tau nama dan foto supir, serta ada tombol untuk SMS atau menelponnya. Kita juga bisa melihat di mana posisi supir itu sekarang, menuju tempat kita, dan berapa lama lagi mereka akan sampe. Yang saya sayangkan, perkiraan durasi sampai mereka tiba itu gak direfresh setiap kali kita cek. Jadi kemarin gw bingung ini sebenernya dia berapa lama lagi nyampe nya sih? Soalnya gw masih di dalem ruangan dan belom absen apa segala. 

Akhirnya driver itu tiba dan gw dikasih tau satpam. Tadi setelah pesen gw udah ngasih tau satpam kalo bakal ada Gojek dateng dan minta untuk dibolehin masuk. Wah! Seneng juga akhirnya bisa liat langsung supir berhelm hijau dan berjaket hijau bertuliskan GOJEK. Setelah mengkonfirmasi nama dan foto supir, gw dikasih masker dan hair cap, juga dipinjemin helm. Awalnya gw bingung itu apaan soalnya sebelum dibuka bentuknya gak kayak hair cap sama sekali. Hahaha. Akhirnya gw pasang dan naik di belakang dia. 

Belum ada 5 menit, itu supir Gojek udah ditegor satpam gw gara2 ngelawan arah di jalan one way, padahal gak ada kendaraan lain di sana. Terus dia bilang sama gw, satpamnya ketat banget ya di sini. Terus dia nanya jalan, gw bilang gw ga tau dan dia bingung karena order Gojeknya hilang di HP dia. Di HP gw tulisannya udah completed. Katanya petanya jadi hilang. Tapi dia buka Google Maps dan cari rutenya. Lalu kita ngobrol2 sedikit, meskipun gw agak bingung soalnya ga gitu bisa denger jelas dia ngomong apa. Maklum pake helm dan emang jalanan ribut. Gw yang kurang bisa bergaul ini akhirnya diem saat 85% perjalanan, dan selalu supirnya yg ngajak gw ngobrol. Haha. Ngiri juga sih sama cerita2 orang yg ngobrol2 sama supir Gojek untuk cari tau sistem Gojek dan kenapa mereka gabung di Gojek, dll. Tapi gw sudah lumayan banyak baca blog post orang mengenai itu, jadi agak males juga nanyain lagi. -__-

Umumnya, menurut gw dia agak kasar sih nyetirnya, dibandingin adik gw atau mama gw. Kalo belok dia agak ekstrim, atau kadang berani banget nyelip2 di antara mobil. Sampe tiba2 CRASH!! Gojek gw nabrak motor depan! Pas itu gw lagi sibuk mikirin kerjaan, jadi gak nyadar apa yg terjadi. Katanya sih motor depan itu tiba2 ngerem dan dia jadi kaget gak sempet belok atau berhenti. Plat motor depan sampe copot sebelah. Gak ada yg jatuh sih, dan semua baik2 aja. Motor depan bingung2 dan ga marah sama sekali, jadi kita langsung kabur. Toh salah dia juga mendadak ngerem. Trus supir Gojek gw minta maaf sama gw dan nanya keadaan gw. Gw gpp sih jadi gw gak marah, cuma dalam hati terpukul aja karena gak pernah ngalamin tabrakan. 

Gak lama setelah itu di sisi jalan ada rame2. Wih, ada orang berhelm yg berbaring, helmnya berlumuran darah dan bajunya koyak di beberapa tempat. Di depannya ada mobil yang bagian depannya penyok. Kecelakaan. Hiiiy, ngeri banget. Langsung bersyukur deh gw hari itu gak ngalamin kecelakaan yg parah.

Akhirnya sekitar jam 11 kita nyampe juga di daerah Kuningan, tapi gw yang jarang ke Jakarta berhubung tinggal di luar angkasa a.k.a. Bekasi ini gak tau gedungnya yg mana. Supirnya juga gak tau karena order Gojeknya tiba2 ilang tadi. Akhirnya nyari2 jalan makan waktu sekitar 30 menit lagi karena ternyata salah arah dan harus muter. Akhirnya sampe juga di tempat yg dituju jam 11.30. Gila, baru nyadar gw ternyata keringetan banget. Emang panas bener Jakarta hari itu. Gw balikin helm dan masukin masker dan hair cap ke dalem tas berhubung lagi gak ada tempat sampah di situ dan gw gak mau buang sampah sembarangan. Gw cek sama supirnya kalo gw bayarnya pake credit Gojek bukan cash, terus dia bilang ok dan minta nomer HP gw buat jaga2 kalo ditanyain bosnya mengenai order yg tiba2 hilang di HPnya pas pickup tadi. 

Janji gw selesai jam 1.30 dan jam 3.30 gw harus pergi lagi ke tempat lain di daerah Sudirman. Awalnya rencana mau naik Gojek lagi, tapi keinget ada temen yang pernah ngasih tau mengenai GrabBike. Gw google lah mengenai GrabBike. Oh, perusahaan negeri tetangga. Banyak banget blog atau review yang membandingkan Gojek dan GrabBike. Hmm, menarik juga sih.

Penasaran gw cek deh di app GrabTaxi cara pesen GrabBike. Masukin alamat asal dan tujuan, terus nanti ditunjukin peta rute, estimasi jarak dan biaya. Widih. Masa 25rb?! Setu ke Kuningan yang jaraknya 21.3 km durasi 1.5 jam harganya cuma 15rb, tapi ini yang cuma 4 km durasi 15 menit harganya bisa 25rb?? Canda. Itu kayaknya emang flat rate deh. Yang menarik adalah GrabBike lagi ada promo goceng sampe akhir bulan. Jadi transport ke mana aja asalkan di Jakarta cuma bayar 5rb. Ya pilih GrabBike lah. Ada sedikit penyesalan tadi ga pesen GrabBike dari Setu ke Kuningan. Tapi sebenernya tadi naik Gojek gratis sih karena ada referral. Haha. 

Anyway, promo goceng membuat gw tertarik untuk nyoba GrabBike. Seberapa berbeda sih kedua perusahaan ini? Apa bener review2 yg gw baca? Lebih worth it yang mana?

Akhirnya gw pesen GrabBike. Sebelum pesen juga ditunjukin supir2 GrabBike yang posisinya deket situ. Anehnya setelah masukin kode promo Goceng, tulisannya promo udah dimasukin tapi estimasi harga masih 25rb. Setelah klik confirm ada screen loading nyari supir. Bedanya yang ini gak nyuruh kita close app. Jadi gw ngeliat, dia pas loading tuh nunjukkin beberapa supir Gojek terdekat beserta jarak mereka dari tempat gw. Kalau gak salah inget ada plat nomor dan nama supirnya. Terus kita dikasih tau kalo supirnya udah dihubungin, mereka tertarik ambil orderan kita, dan lalu ada yg confirmed. Lalu muncul foto, nama supir dan plat nomor motornya. Sebenernya tadi gw emang gak ngeliat sih kalo Gojek pas loading ditunjukkin kayak gitu atau nggak, secara tadi sambil beres2. Tapi perbedaan yg gw mau point out di sini adalah GrabBike ngasih tau plat nomor supir yang akan jemput kita. Bagus juga kan? Selain itu sama sih, kita dikasih tau berapa lama lagi dia nyampe dan lokasi dia. 

Gak lama dia nyampe dan langsung SMS gw lokasi dia. Inisiatif yg bagus sih. Berhubung gw nunggu di pintu yg salah, gw jalan lagi dulu ke pintu tempat dia nunggu. Tapi dia gak ada. Gw cari2 orang berjaket dan helm ijo, tapi cuma nemu dua orang yg mangkal, yg kayaknya bukan supir yg gw cari. Jadi gw SMS balik deh nanya kepastian lokasi dia. Akhirnya dia nelpon dan akhirnya nemuin gw. Wah, bener juga rumor yg gw baca dari review orang2. Dia pake jaket GrabBike, tapi helmnya helm dia sendiri. Dia juga ga nyediain mask atau hair cap. Untung yang dari Gojek tadi masih ada. Jadi gw pake lagi deh. Konfirmasi lebih gampang karena ada plat nomernya. Sebenernya gw sempet bingung karena tampangnya gak mirip2 banget sama yg difoto. Tapi kayaknya orangnya bener deh. Yaudah lah. Gw juga cek lagi sama supirnya bener gak ini bisa promo 5rb. Soalnya kalo 25rb gw berasa rugi. Haha.

Tanpa banyak cingcong, atau sebenernya bahkan tanpa ngobrol sedikit pun, kita langsung cabut dan gak lama nyampe. Mungkin cuma kebetulan, supir Gojek tadi lebih mau ngobrol daripada supir GrabBike ini. Namun, supir GrabBike ini nyetirnya lebih halus daripada supir Gojek tadi. Tiap orang kan beda2 ya tapi. Belum tentu semua supir Gojek atau GrabBike kayak gitu kan. 

Perbedaan yg gw notice lagi adalah email. Dalam satu pemesanan, GrabBike udah ngirim gw dua email. Satu pas confirm order, satu lagi adalah receipt pas udah nyampe di tempat tujuan. Menurut gw it's a nice gesture, tapi gak penting2 banget sebenernya berhubung kita juga bisa dikasih tau lewat app. Orang yg sering pake GrabBike mungkin bakal males dapet email itu 2x sehari. 

Nah, jadi inget. Kalo Gojek, seusai kita kelar diantar, pas kita buka app Gojek kita akan disuruh rating. Kita harus ngasih antara 1-5 bintang buat supir Gojeknya dan boleh nambahin komentar. Berhubung tadi error dan ordernya completed sebelum gw nyampe tempat tujuan, gw buru2 ngisi ratingnya dengan 3 bintang dan gak nulis komentar. Soalnya pas itu dia udah ngelanggar one way di tempat kerja gw, jadi gw takut ngasih bintang 5. Seinget gw pas itu kita ga bisa exit ato balik ke order. Wajib musti ngisi ratingnya saat itu juga. Sedangkan di GrabBike, kita gak diprompt untuk ngisi review, cums ada pilihannya kalo kita buka order history. Menurut gw sistem yg diterapkan Gojek bagus buat manajemen supaya mereka benar tau supir2 mereka itu bagus gak kerjanya atau selalu mengecewakan pelanggan. Tapi sistem wajib rating itu mengesalkan karena gak semua orang suka rating dan beberapa yg ga suka akan ngisi asal2an. Misalnya kayak gw tadi, karena gak sempet jadi asal ngasih bintang. Padahal sebenernya gw suka ngasih review dan pengen ngasih ulasan yg bermutu. Coba kalo bisa balik dulu, terus nanti pas gw mau ngisi baru klik leave feedback. Sistem ini juga bisa disalahgunakan karena supir Gojek gw kemarin bilang nyuruh gw kasih komentar yg bagus2. Mungkin ini salah satu insentif mereka untuk mencoba friendly, sopan dan ngajak ngobrol. Jadi sistem feedback Gojek ada bagusnya juga. Hanya saja menurut gw sebaiknya jangan dibuat wajib, tapi tetep prompted.

Mengenai jaket dan helm, sebenernya gak bisa juga kita bilang GrabBike banyakan yg gak pake full jaket dan helm. Dalam perjalanan itu gw ngeliat banyak supir Gojek maupun GrabBike yg lagi mangkal, dan ada juga bbrp supir Gojek yg cuma pake jaket Gojek tapi helm sendiri. Jadi bukan cuma GrabBike ya. 

Untuk penyediaan hair cap sama mask, memang Gojek menang di sini. Keduanya penting karena menyangkut kebersihan dan kesehatan. Namun, bukan berarti itu tanggung jawab mereka dong. Kalau kita tau kita bakal naik ojek, alangkah baiknya kalo kita bisa siapin sendiri hair cap dan mask kita. Toh ojek pangkalan yg sudah ada dari jaman baheula gak pernah nyediain yg begituan buat pelanggannya kan?

Kesimpulannya? Bagi gw Gojek dan GrabBike ada kekurangan dan kelebihan masing2, tapi mereka lebih banyak mempunyai kesamaan daripada perbedaan. Perbedaan mereka gak sesignifikan itu bagi gw. At the end of the day, faktor yang paling menentukan adalah..... Harga. 

Ya, kembali lagi ke prinsip ekonomi: meraih hasil yang maksimal dengan pengorbanan yang sesedikit mungkin. Selama GrabBike masih ada promo goceng, kayaknya gw akan lebih tertarik untuk pakai GrabBike, tanpa lupa untuk membawa hair cap dan mask sendiri. Kalau misalkan promo itu udah habis, gw akan pake Gojek karena masih ada credit 35rb. 

Bagaimana dengan kalian?

Kalau mau dapet free credit, masukin kode berikut ini ke app kalian ya!
Gojek: I'm spreading the GO-JEK love. Download the GO-JEK app at "http://go-jek.com/app" and input this referral code "543016746" to get Rp 50,000 free credit to your first booking. #gojekgotmehere
GrabTaxi/GrabBike: Hey! Try GrabTaxi for fast and safe rides. Check it out at https://invite.grabtaxi.com/desy96868?a=WU1DUF5BUFBAVFBB 
Uber: Use my invite code, desyk2ue, and get a free ride up to Rp75,000. Redeem it at https://www.uber.com/invite/desyk2ue  

1 comment:

  1. Thankyou for share :) boleh mampir nih mitakecil.com

    ReplyDelete