Monday 17 August 2015

0

Indonesia Merdeka: Ayo Kerja

Selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-70!

Pagi ini saya bangun dan melihat isi newsfeed Facebook. Hampir semuanya merupakan ucapan Dirgahayu RI dari rekan-rekan yang berasal dari Indonesia. Ada yang menceritakan perasaan cintanya terhadap Indonesia, ada yang hanya mengirimkan gambar HUT RI, ada juga yang hanya mengucapkan selamat. Bagaimana pun, Anda pasti pernah melihat logo berikut ini.
Sumber: www.setneg.go.id
Ya, itu merupakan logo 70 tahun Indonesia Merdeka. Seperti yang dapat Anda lihat, warna yang digunakan adalah merah putih sesuai dengan warna bendera Indonesia. Angka 7 dan 0 terdapat umbul-umbul seperti kepala burung garuda berjumlah 4 dan 5 untuk menandakan tahun kemerdekaan 1945, ditambah paruh burung garuda pada angka 7. Selain itu terdapat tulisan "Indonesia Merdeka" dan "Ayo Kerja" di atas dan bawah logo.

"Ayo Kerja" merupakan tema Dirgahayu RI yang ke-70. Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya: apa pula maksudnya mengajak kita semua bekerja? Apakah rakyat Indonesia saat ini belum bekerja? Belum bekerja cukup keras? Atau belum benar-benar mengerti arti bekerja yang sesungguhnya?

Mudah bagi kita generasi muda untuk melupakan pentingnya kemerdekaan Indonesia karena tidak mengalami langsung masa-masa sulit ketika negeri ini dijajah atau perjuangan bangsa setelah meraih kemerdekaan hingga menjadi Indonesia yang sekarang. Tidak sedikit pemuda Indonesia yang tak memedulikan sejarah dan perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Namun, penting juga bagi kita untuk melihat ke depan dan bertindak positif demi membangun negara kita ini.

Menurut Kompas.com, Jokowi terinspirasi oleh Bung Karno untuk merancang gerakan nasional "Ayo Kerja" demi menggalang sebuah pergerakan mengubah karakter bangsa hingga ke akar-akarnya. Beliau menjelaskan, "Bukan hanya rakyat, tetapi juga penyelenggara negara punya tanggung jawab normal untuk bekerja jujur, tanpa pamrih dan melayani rakyat secara paripurna."

Bagi saya, gerakan "Ayo Kerja" mengingatkan kita semua bahwa kita perlu bekerja bersama-sama demi mewujudkan mimpi dan harapan cita-cita kemerdekaan. Segala sesuatu yang diinginkan perlu kerja keras manusia. Ingin negara yang jujur bebas korupsi? Menghapuskan diskriminasi antar suku, agama, ras, dan anatomi? Meraih ekonomi yang maju dan berkembang? Itu tidak mudah.

Mulailah dari diri Anda sendiri. Jangan hanya diam. Jangan hanya menunggu orang lain untuk memulai. Setiap individu harus berkontribusi demi kebaikan bersama. Maka ayo kerja! Demi membangun negara kita Indonesia.

Selamat HUT RI ke-70!

Sumber:

0 comments:

Post a Comment